Form Login



Agenda Kegiatan Masjid

Jadwal Sholat Kota Jakarta

Beranda Kegiatan Keagamaan
Kegiatan Keagamaan Cetak

Banyak sekali kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh Masjid BI, baik itu yang sifatnya rutin maupun temporer. Kegiatan rutin seperti: jamaah sholat fardhu, kultum, kajian kitan yang diselenggarakan sehabis jamaah sholat Dhuhur, dan pengajian bulanan. Kegiatan temporer, seperti kunjungan dan muhasabah ke berbagai pondok pesantren, peringatan hari besar Islam dan kegiutan bulan Ramadhan . Di samping kegiatan yang sifatnya ritual juga diselenggarakan kegiatan sosial terutama untuk masyarakat sekitar, seperti: santunan fakir miskin dn anak yatim dan sunatan massal.

Madrasah Ramadhan

Kegiatan Madrasah ini dilakukan khusus pada bulan Ramadhan. Sesuai dengan nama kegiatan, bhwa madrasah identik dengan wadah ataupun prasarana formal yang di dalamnya terjadi proses pendidikan tahap awal sampai pada tahap menengah. Oleh karena itu sasaran kegiatan lebih ditujukan pada kaum remaja.

Sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat maka program yang dibuat diupayakan lebih fleksibel yang tidak berbentuk doktrin dan mudah diserna. Oleh karena itu program yang ditawarkan hasil refleksi dari pengamatan tentang pergaulan remaja yang kian memprihatinkan. Dan kegiatan ini diharapkan kaum remaja pada setiap saat akan memiliki filter tersendiri (Islamic inner control). Penekanan format materi terfokus pada pembentukan karakteristik religius personal dan kelompok remaja Islam, Islamic inner control up grading serta konsep hukum syari’ah.

Di sisi lain, program ini dapat membantu peserta untuk mengenal serta mengembangkan potensi IQ, EQ serta SQ secara bersamaan.

  • Visi dan Misi
    Visi dan misi program adalah mengupayakan pembentukan karakteristik religius personal dan kelompok remaja Islam menuju aklakuk karimah.
  • Target Kegiatan
    Target utama dari kegiatan ini adalah generasi muda Islam, dengan mempertimbangkan materi yang diberikan, maka ketentuan kriteria utama peserta yang dijaring adalah:
    1. Mahasiswa
    2. Pelajar SLTP – SLTA dan yang sederajat.
  • Materi Kegiatan
    1. Orientasi karakter religius; peserta diberikan wawasan pemahaman dan kepercayaan diri untuk dapat menunjukkan performance dan karakteristik dari sosok remaja muslim yang dekat prototype generasi akhlakul karimah, namun tetap tidak merasa kesulitan untuk bisa beradaptasi dan hidup dengan kebutuhan dari lingkungan kehidupan modern.
    2. Memahami Islam; peserta diberikan pengajaran mengenai wawsan konsep hukum syariah dan cara penerapannya (the way implementation).
    3. Islamic Inner Control up Gradisng; pemahaman logis peserta yang berkenaan dengan wawasan religius diarahkan untuk mendukung pembentukan logika hati nurani (inner control) dalam diri setiap peserta, sehingga pada kelanjutannya para peserta diharapkan dapat mempunyai hati yang berlaku sebagai filter dalam mengadopsi berbagai macam budaya hidup (selective addoption).

Kegiatan Sholat Jum’at dan Respon Jamaah

Tidak ada kriteria khusus untuk khatib sholat Jum’at. Khatib bisa berasal dari mana saja. Artinya, tidak membedakan asal organisasi keagamaan, seperti: Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama (NU) atau lainnya. Yang diutamakan adalah kualitas khatib dan bisa diterima oleh jamaah.

Respon jamaah cukup positip dan mereka antusias untuk mendengarkannya. Hal itu tampak dari jumlah jamaah yang setiap Jum’at semakin bertambah, terutama apabila khatibnya termasuk da’i ataupun intelektual level atas (tingkat nasional). Seperti: Prof. K.H. Alie Yahfi, Dr. Hidayat nur Wahid. Prof. Dr. Azyumardi Azra, Drs. Toto Tasmara, M.A. Ihsan Tanjung, dan Dr. Didin Hafiduddin, MSc.

Materi yang disampaikan cukup beraagam dan biasanya temanya disesuaikan dengan situasi atau peristiwa yang aktual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, para jamaah merasa tidak ada materi yang jadi faforit (diminati), semua materi (tema) cukup menarik untuk didengarkan.

Untuk menyebarkan luaskan materi khutbah Jum’at, setiap minggunya diterbitkan sebuah buletin yang diberi nama “Al-Ihsan”. Bulletin Al-Ihsan yang merupakan hasil kerjasama antara MMBI dengan percetakan Lindung Kreasi Utama ini jumlah per edisi mencapai 1.500 eksemplar dengan biaya mencapai Rp. 1,5 juta.

Laporan Hasil Penelitian

Balai Litbang Agama Jakarta 2006